USE CASE DIAGRAM

Pengertian Use Case Diagram

Use Case Diagram atau diagram use case merupakan pemodelan untuk menggambarkan kelakuan (behavior) sistem yang akan dibuat. Diagram use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem yang akan dibuat. Dengan pengertian yang cepat, diagram use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada di dalam sebuah sistem dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi tersebut.

Hal yang perlu diingat mengenai diagram use case adalah diagram use case bukan menggambarkan tampilan antarmuka (user interface), arsitektur dari sistem, kebutuhan nonfungsional, dan tujuan performansi. Sedangkan untuk penamaan use cases adalah nama didefinisikan sesimpel mungkin, dapat dipahami dan menggunakan kata kerja.

Bagian penting dari Unified Modeling Language (UML) dan seorang Bisnis Analis adalah menggambar diagram usecase. Diagram use case digunakan selama tahap analisis proyek untuk mengidentifikasi fungsi sebuah sistem. Mereka memisahkan sistem menjadi aktor dan end user. Aktor mewakili peran yang dimainkan oleh pengguna sistem.

Pengguna tersebut bisa menjadi manusia, komputer lain, perangkat keras, atau bahkan sistem perangkat lunak lainnya.  Satu-satunya kriteria adalah bahwa mereka harus berada di luar sistem yang dimasukan menjadi use case.

Simbol Dalam Use Case Diagram




Menentukan aktor di Use case

Pekerjaan awal dalam mendisain sistem adalah menemukan aktor, menemukan fungsionalitas dan membatasi sistem yang akan dibuat. Pembatasan sistem ini penting untuk menemukan aktor. Karena dari sinilah kita akan menentukan apakah sesuatu itu adalah aktor dan apakah aktortersebut akan berbentuk orang atau sistem lain.

Menentukan Use case

Jika anda sudah berhasil menemukan aktor, maka untuk menemukan use case akan lebih mudah dilakukan. Sebuah use case harus mendeskripsikan sebuah pekerjaan dimana pekerjaan tersebut akan memberikan NILAI yang bermanfaat bagi aktor (Kurt Bittner, Ian Spence. 2002).

Menggambar Diagram Use-Case

Gambar di bawah ini menunjukkan  use case yang seperti bentuk skema dasar dalam UML. Usecase itu sendiri terlihat seperti oval. Para aktor digambarkan sebagai bentuk orang. Aktor terhubung ke use case dengan garis.


Withdrawal / Menarik Uang Use Case
Tujuan use case ini dalah bagaimana customer dapat mengambil uang di mesin ATM. Withdrawal/Menarik uang dari mesin mungkin melibatkan bank untuk transaksi yang akan dilakukan. Jadi, kami juga menambahkan aktor lain , yaitu Bank. Kedua aktor yang berpartisipasi dalam use case harus terhubung ke use case dengan association

Mesin ATM menyediakan Withdrawal use-case untuk customer dan bank sebagai actor nya


Hubungan antara Aktor dan Use-Cases


  • Use-cases bisa diorganisir dengan menggunakan hubungan berikut:
  • Generalization
  • Association
  • Extend
  • Include

Comments