Pemodelan Perangkat Lunak

Adalah disiplin ilmu untuk mempelajari bentukbentuk pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek
Pemodelan dalam suatu rekayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal. Di dalam suatu rekayasa dalam perangkat lunak sebenarnya masih memungkinkan tanpa melakukan suatu pemodelan. Namun hal itu tidak dapat lagi dilakukan dalam suatu industri perangkat lunak. Pemodelan delam perangkat lunak merupakan suatu yang harus dikerjakan di bagian awal dari rekayasa, dan pemodelan ini akan mempengaruhi perkerjaan-pekerjaan dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.

Kompetensi Dasar

1.  Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai tuntunan dalam menggunakan 
     teknologi menengah.
2.  Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi
     di alam.
3.  Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam
     kehidupan sehari-hari.
4.  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahuobjektifjujurteliti;
     cermattekunhati-hatibertanggung jawabterbukakritiskreatifinovatif
     dan peduli lingkungandalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
     sikap dalam menyelesaikan tugas menggunakan teknologi menengah.
5.  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai
     wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
6.  Menjelaskan konsep pemodelan perangkat lunak.
7.  Menyajikan beberapa karakteristik pemodelan perangkat lunak.

Tujuan Pembelajaran

1. Mengetahui konsep rekayasa perangkat lunak
2. Memahami tahapan pengembangan perangkat lunak
3. Mengetahui komponen dan karakteristik perangkat lunak
4. Memahami pembagian perangkat lunak dalam domain       

Konsep Rekayasa Perangkat Lunak:

Analisis / Analysis
Tujuan :
- Menganalisis situasi untuk menentukan spesifikasi dan struktur pengguna dan menyeleksi    fitur sistem yang lain

Desain / Design
Tujuan :
- Mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem secara keseluruhan
- Mengembangkan spesifikasi teknologi

Implementasi / Coding
Tujuan :
- Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan

Pengujian / Testing
Tujuan :
- Untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas perangkat lunak
- Untuk memeriksa bug atau eror

 
Inilah contoh tahapan pengembangan perangkat luna







Comments

Popular posts from this blog

USE CASE DIAGRAM